Polman, Komunika Nusantara. Jajaran pengurus Asosiasi Badan Permusyarawatan Desa ( ABPEDNAS) menggelar rapat internal dalam rangka persiapan peningkatan kapasitas BPD se Kabupaten Polewali Mandar.

Rapat internal yang dipimpin langsung Dr. Umar Ketua DPC ABPEDNAS Polman didampingi Adya Taswin F Sekum ABPEDNAS dan Abiyazid Bendaharah, Selain jajaran pengurus rapat tersebut juda hadir perwakilan BPD dibeberapa Kecamatan, Di Desa Panyampa Ahad 10/10/2021.

Berkut perwakilan BPD yang hadir diantaranya :
1.Desa Kenje ( Campalagian)
2. Desa Karama ( Tinambung)
3. Desa Lapeo ( Campalagian)
4. Desa Katumbangan ( Campalagian)
5. Desa Sedorejo ( Wonomulyo)
6. Desa Puccadi ( Luyo)
7.Desa Mombi ( ALu)
8. Desa Padang Timur ( Campalagian)
9. Desa Tenggelang ( Luyo) serta empat desa dari wonomulyo

Dr. Umar, Isnya Allah Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas BPD sek Kabupaten Polman akan digelar pada Tanggal 08 – 11 /11/2021 di Kabupaten Majene, kenapa kita memilih Majene sebagai tempat pelaksanaan kegiatan karena sesuai daftar Desa yang akan ikut pelatihan mayoritas dari Polman dua, akan tetapi kalau peserta pelatihan bertambah sebelum kegiatan dimulai maka bisa saja pelaksanaannya kita bagi zona 1 dan 2 dimajene dan Polewali, ” Ungkap Umar

Lanjut, tujuan dari pelatihan ini adalah bagaimana meningkatkan kapasitas atau pengetahuan teman – teman BPD tentang fungsi dan tugas BPD, seperti :
1. Pembuatan Perdes
2. Memahami Regulasi ( UUD Desa, Permendagri maupun surat Edaran)
3. Praktek Pembuatan Perdes dan Kepemimpinan sidang.

Selain dari tiga hal diatas, itu hanya sebagian dari materi yang akan kita ikuti karena kita akan usahakan salah satu menteri kita akan hadirkan yakni menteri dalam negeri ataupu kemendes.

Adya Taswin Sekum ABPEDNAS, ia menejelaskan pelaksanaan pelatihan ini 50 % Teori 50 % Peraktek, jadi nantinya kita berharap pelatihan ini bisa bermanfaat buat BPD.

Ketua BPD Desa Lapeo yang juga ikut rapat, ia mengungkapkan pelatihan ini saya sangat setuju biar kita bisa paham betul apa fungsi dan tugas BPD, kalau perlu kepala desa juga ikut pelatihan biar mengerti tugas kita masing – masing, Tutup Ketua BPD Desa Lapeo. ( BRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here