"/>

Majene Konmunika Nusantara. Para pelaku dakwah harusnya mampu lebih kreatif dan inovatif dalam menyiarkan pesan kepada masyarakat. Hal ini disampaiakan oleh Prof. Dr. Musdah Mulia, MA. pada kegiatan Webinar Nasional yang dilaksanakan oleh Jurusan Usluhuddin, Adab, dan Dakwah STAIN Majene (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene) pada Sabtu, 6 Juni 2020. Menurut Musdah idealnya kegiatan dakwah harus mengandung konten edukatif dan berdampak positif bagi masyarakat dalam segala sektor.

Kegiatan webinar (07/06/2020) yang yang mengusung tema “Dakwah Virtual dan Literasi Agama” ini juga menghadirkan Profesor Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Prof. Andi Faisal Bakti. Dalam pandangan Faizal tingginya penggunaan new media telah membawa pengaruh yang luar biasa terhadap perilaku masyarakat. Sudah seharusnya kehadiran media virtual dimanfaatkan untuk merangsang dan menumbuhkan kesadaran individu untuk melakukan perubahan. Olehnya itu pelaku dakwah harus mengambil peran dalam munculnya beragam platform media.

Menurut Musdah Mulia, pelaku dakwah baik dakwah konvensional maupun dakwah virtual keduanya harus mampu meningkatkan kualitas diri, memiliki integritas moral, dan mengedapankan nilai-nilai kemanusiaan sehingga mampu menjadi tuntunan bagi ummat dan bukan sekedar menjadi tontonan.

Sejalan dengan itu, Faisal bakti juga memaparkan bahwa gencarnya kegiatan dakwah virtual sebagai konsekuensi berkembangnya new media juga menciptakan persoalan baru, seperti munculnya pelaku-pelaku dakwah yang lebih mementingkan nilai komersial, hilangnya otoritas beragama hingga penodaan agama. Untuk itu ia mengajak para pelaku dakwah di Sulawesi Barat untuk lebih aktif memanfaatkan kegiatan dakwah guna menumbuhkan literasi beragama, salah satunya dengan lebih mempopulerkan pesan-pesan yang bemuatan lokal. “Banyak ulama dan Da’i masyhur yang dimiliki oleh orang mandar, seperti Imam Lapeo dll. STAIN Majene harusnya mampu mengambil peran itu, mengangkat nilai-nilai lokal ke media-media virtual” tambahnya.

Dr. H. M. Napis Djuaeni selaku ketua STAIN Majene menyambut baik kegiatan yang diikuti oleh 1000 peserta yang dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan ditayangkan pada kanal Youtube ini, beliau berharap para alumni STAIN Majene nantinya mampu mengambil peran dalam kegiatan dakwah serta mampu memberi manfaat bagi ummat bukan hanya bagi masyarakat Sulawesi Barat tetapi juga bagi bangsa dan negara serta bagi agama.

Ketua jurusan UAD (Usluhuddin Adab dan Dakwah) Dr. M. Sadik MA, berharap kegiatan ini mampu membuka wawasan dalam menyikapi persoalan dakwah hari ini. Ia berharap Jurusan UAD STAIN Majene dapat melaksanakan kegiatan serupa bukan hanya kegiatan skala nasional tapi juga internasional. (BRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here