"/>

Polman, Komunikasi Nusantara, Sebagai Negara yang berangkat dengan tradisi maritim yang kuat, ada banyak peristiwa budaya di Indonesia yang berkaitan dengan ritual sekaitan dengan laut dan pesisir salah satunya di provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Majene Kecamatan Tubo Sendana Desa Onang utara Dusun Onang Labuang.
Masa awal penurunan perahu punya perayaannya sendiri untuk berharap membawa hasil yang baik serta keselamatan dalam mengarungi laut. Serta mendapat keberkahan dan kemurahan hati dari Sang Pencipta atas hasil laut yang melimpah yang diterima oleh masyarakat nelayan di desa Onang Utara.
MAPPARONDONG LOPI dalam terjemahan bahasa Indonesia adalah Penurunan Perahu ke laut pertama kali setelah selesai pembuatan. Tradisi ini merupakan Tradisi masyarakat nelayan yang perlu dijaga di tengah-tengah kemajuan industry di sector kemaritiman dan kelautan serta perkembangan teknologi yang begitu sistematis masuk kedalam ruang-ruang social masyarakat sehingga kerap kali tradisi-tradisi yang pernah dilakukan oleh para petua kita telah di kesampingkan.
Selain itu Tradisi seperti ini perlu di jaga dan dipertahankan sebagai tanda kedaulatan ekonomi dan budaya ditengah-tengah arus industrialisasi yang berujung pada perampasan ruang hidup masyarakat pesisir melalui kebijakan kebijakan Negara yang berujung pada eksploitasi laut untuk kepentingan modal. Apalagi Sulbar saat ini merupakan salah satu daerah yang menjadi objek pengelolaan tambang di sekitar perairan Sulawesi barat.
Pada Tanggal 7 September 2019 masyarakat pesisir desa onang utara khususnya dusun onang telah melakukan ritual baca salama dengan beberapa tokoh masyarakat dan para nelayan dalam acara pesta nelayan.Sebagai wujud mengucap syukur, dilakukan  pembacaan dan pengiriman doa yang menghadirkan para tokoh masyarakat dan para pemuka-pemuka agama.Hal ini dilakukan dengan perayaan  makan bersama yang sudah menjadi tradis bagi masyarakat Onang Utara.
Pada kesempatan ini pula para nelayan yang mempunyai perahu baru dan mesin baru telah menurunkan perahunya ke laut yang dalam sebutan MAPPARONDONG LOPI dalam rangkaian pesta bagi nelayan.(rj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here