Polman, Komunika Nusantara. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Polman menggelar Rapat fengar Pendapat RDP dengan PJ Bupati Polman.” Rabu 13/03/2024.

Rapat ini berlangsung diruang aspiras sekretariat . Raoat dengat pendapat ( RDP) membahas soal sampah yang semakin meresahkan dan butuh solusi kongkrit dari pemda Kabupaten Polewali Mandar.

Jupri Mahmud Ketua DPRD Polman memimpin jalannya rapat didampingi segenap unsur pimpinan dan anggota komisi III DPRD Polman.

Sementara dari pemerintah didsditi langsung PJ. Bupati Polman H. Ilham Borahima, Kadis DLHK Polman, Jumadil, Camat Binuamg Andi Saggap, Kepala Desa Paku H. Syarifuddib, serta Kepala Dusun Pasubbe

“Selain hubungan antara masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi TPA dengan pemerintah harus diperbaiki, juga
yang perlu kita perkuat ialah konsep tentamg penanganan dan pengelolahan sampah dan komunikasi yang menghasilkan komitmen bersama.” ungkap H. Syarifuddin.

Ia menambahkan, “saya kira khusus di TPA Paku ini bagaimana kemudian dilakukan uji coba pengolahan sampah disana, nah dari hasil uji coba nanti pasti akan nampak hasil uji coba, jika sesuai dengan harapan yah kita lanjutkan. Jika tidak tentunya kita hentikan.” Ujarnya.

Kepala Desa Paku 2 Periode tersebut berharap, “mungkin dengan pertemuan ini dapat menghasilkan konsep yamg jelas agar masyarakat khususnya di dusun Passubbe meyakini dan mengamini keinginan pemerintah untuk membuka kembali Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di sana.” tambahnya.

Pada kesempatan itu, kepala dusun Passubbe menuturkan jika kemudian yang di bahas hanya masa yang lalu maka tidak akan pernah ada titik solusi.

“Jangan lagi terjadi seperti yamg kemarin – kemarin, masyarakat trauma dengan janji janji pemerintah. Dimana komunikasi tidak pernah nyambung bahkan yang dijanjikan tidak pernah ada terealisasi satupun.” terangnya.

“Jangan kita bosan temui masyarakat lakukan pendekatan secara kekeluargaan
Janganlah kemudian masyarakat di bawakan petugas ataupun aprat, seolah – olah masyarakat di intervensi.” Ujarnya.

“Sekarang ini yang terpenting bagaimana tingkat kepercayaan masyarakat di pulihkan kembali agar tercipta komunikasi kekeluargaan yang dapat menghasilkan solusi mengenai TPA yang ada di dusun Passubbe.” jelas kepala dusun Passubbe.

Akankah masalah permasalahan sampah di Polman bisa segera dituntaskan dan TPA Paku bakal kembali dibuka. Sampai berita ini diturunkan belum ada lejelasan soal sampah dan TPA apakah akan di buka atau cari tempat lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here