MAMASA, – Demi terwujudnya proses belajar pada setiap satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meskipun dalam suasana Pandemi Covid-19, peran orang tua sangat diperlukan.

Rusli Kabid PAUD dan PNF, Dispenbud Kab.Mamasa

 

Kepala Bidang (Kabid) PAUD & PNF (Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal) Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa, Rusli menjelaskan. “Tahun ini bukan hanya pencapaian ketuntasan kurikulum namun bagaimana setiap satuan pendidikan dapat berjalan proses belajar,”tuturnya.

Kata Kabid, peran orang tua sangatlah penting bagi anak usia dini sehingga meskipun tidak kesekolah, aktivitas belajar anak tetap berlangsung. Karenanya, guru dan orang tua harus bekerjasama dalam dalam menentukan hal-hal yang akan menjadi bahan pembelajaran bagi anak.

Menurut Rusli, kondisi sekarang dalam suasana Pendemi diterapkan, “Merdeka Belajar”. Jadi meskipun diluar kurikulum yang penting anak dapat belajar.

Lanjutnya, khusus sarana belajar, tentu dikondisikan dengan wilayah masing-masing dengan memanfaatkan sarana yang mudah ditemukan, baik itu berbasis daring atau berbentuk kelompok dengan memanfaatkan alat peraga seperti buah-buahan yang mudah ditemukan disekitar lingkungan masing-masing .

Untuk sarana pembelajaran Paud, kata Kabid. bagi PAUD Negeri tetap ada bantuan pemerintah namun bagi yang swasta atau yayasan bisa saja dibawah kolong rumah-rumah, sebab yang boleh dapat DAK (Dana Alokasi Khusus) yang sudah akreditasi A.

“Tahun ini ada lima unit PAUD yang dapat kegiatan pembangunan berbentuk fisik dari DAK, seperti toilet ¬†yang tersebar beberapa wilayah Kabupaten Mamas dengan anggaran sekitar Rp 80 juta secara keseluruhan,”ungkap Rusli.

Ia berharap ,  guru PAUD lebih mengutamakan kerjasama bagi dengan orang tua , karena kondisi sekarang proses belajar anak lebih monoton pada orang tua anak itu sendiri, peran guru hanya memantau dan memastikan proses belajar anak berlangsung.

Sementara Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian PAUD & PNF Dispenbud Mamasa, Elisabeth menerangkan. Soal penerapan kurikulum K-13 dalam suasana Pandemi tentu sulit akan diterapkan secara maksimal sehingga

kreativitas seorang guru sangat diperlukan dalam meramu sebuah metode pembelajaran, kalau yang dijangkau jaringan tentu lewat pembelajaran daring/online namun biasanya yang diterapkan di wilayah yang dijankau jaringan internet dilakukan pada rumah-rumah anak dengan bekerjasama orang tua anak.

Elisabeth KASI PAUD Kab.Mamasa

Kata, Elisabeth ,masa sekarang memang serba dipahami dan dimaklumi namun sinergitas guru dan orang tua agar sama-sama berperan dalam proses belajar anak itu yang paling penting.(HAPRI NELPAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here