Polman, Komunuka Nusantara. Mahasiswa Unasman bersama masyarakat Desa Poda poda melakukan Kegiatan Pelatihan dan Permentasi Pakan Ternak dengan menghadirkan Narasumber Andi Fausiah S. Pt, M. Si dan Andi Tenri Bau Astuti Mahmud, S. Pt, M. Si.

Kegiatan tersebut sendiri Dihadiri oleh Sekdes Poda Poda, Ketua BPD, Para Kepala. Dusun Desa Poda-poda diantaranya Dusun Lombang 1, Dusun lombang 2, Dusun lombang 3, Dusun pumbejagi, Dusun pundali dali,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda, dan Kelompok Tani, Senin 30/08/2021.

Masyarakat desa Poda Poda begitu antusias mengikuti Pelatihan permentase pakan ternak secara langsung di desanya melalui mahasiswa PUMD UNASMAN yg bekerjasama dengan Desa Poda poda. Bentuk pelaksananya sendiri Dilakukan dengan forum formal tatap muka, masyarakat menerima pemaparan materi,diskusi dan tanya jawab setelah itu langsung dengan perakter pembutan pakan ternak.

Andi Fausiah S. Pt, M. Si selaku Pemateri menyampaiakan bahwa baru pertama kali ini masuk di desa poda-poda dengan akses jalan yang sangat luar biasa rintangan tentunya ini akan menjadi pengalaman pribadi dan pertama kali buat saya sendiri masuk di desa tutar tapi itu sudah menjadi bagian dari tanggung jawab kami selaku Dosen dalam merealisasi Trilogi Pendidikan yaitu pengabdian Masyarakat jadi usaha yg kita lakukan tdk ada lain ingin menjadikan ternak bapak ibu agar lebih sehat lagi dan mempermudah dalam menyiapkan pakan ternaknya.
pakan permentasi ini sangat tinggi kandungan nutrisix, vitamin, karbohidrat, semua ada inilah kelebihan dari pakan permentasi,Tapi jangan di berikan secara terus menserus.. Krna ini akan berakibat vatal juga buat ternak sambungnya.

Terpisah Andi Tenri Bau Astuti Mahmud, S. Pt, M.Si Yang juga Dosen Unasman mengatakan bahwa Pembuatan pakan ternak Dibuat dari bahan alami yg mudah ditemukan seperti rumput gajah, batang pisang, batang jagung kemudian diolah ditambah gula merah dan air kelapa muda kemudian Diolah lalu di masukkan kedalam drum plastik lalu ditutup rapat usahakan tdk terkena cahaya dan udara jika tdk ada drum plastik bisa menggunakan plastik dgn model polibak yg tebal setelah itu kita simpan selama 15 sampai 20 hari lalu diberikan kepada ternak Setelah di buka lalu di berikan kepada ternak jgn lupa untuk tutup rapat kembali agar mudah bertahan sampai kurang lbh 3 bulan.

Dalam pelatihan tersebut Sekdes Poda Poda Sadil S.Pd.I mengungkapkan dalam sambutannya sangat berterima kasih kepada rektor Unasaman yang telah mengahadirkan mahasiswa PUMD di desa poda-poda guna membantu masyarakat menambah pengetahuan terkait dibidang peternakan dan pertanian apalagi masyarakat desa poda mayoritas adalah petani serta peternak kambing dan sapi,sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini kami selaku warga desa poda – poda juga berharap ada sebuah kerjasama Unasman dengan Desa Poda Poda sendiri nantinya sehingga UNASMAN bisa senantiasa mengirim Dosen dosennya lagi ke desa kami untuk memberikan edukasi yang berkelanjutan..( BRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here