"/>

MAMASA, – Sejak Desa Ulumea’ terbentuk, hingga sekarang belum ada bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang diterima kelompok tani. Hal itu dikemukakan Kepala Desa Ulumea’, Semuel saat dikonfirmasi di kediamannya, Sabtu (27/6).

Kades menerangkan, Tahun 2013 Desa Ulumea’ terbentuk pihak telah melakukan sejumlah usaha lewat kelompok tani agar masyarakat tidak tergantung pada penyewaan Dompeng /Hand traktor milik perorangan sebab disadari pekerjaan sawah akan lebih dimudahkan bila ada kelompok tani di Desa Ulumea’ yang memilki Alsintan tersebut.

“Sejumlah permohonan kami telah ajukan dari enam kelompok yang ada namun hingga sekarang belum juga membuahkan hasil, sementara Dompeng kura-kura dan semprot sangat diperlukan di wilayah kami,”tutur Kades.

Adapun Kelompok Tani di Desa Ulumea’ kata Kades, yakni: 1.Kelompok Pondok Kita, 2. Kelompok Pondok Mase, 3. Salu Baka, 4. Kawalean, 5. Ulumea’, 6. To Sato o’.

Ia menjelaskan, khusus Ulumea’ yang memilki warga 100% adalah petani mestinya juga menjadi perhatian dinas terkait sebab alat atau mesin pertanian yang ada tidak memadai apalagi dominan penghasilan utama warga adalah padi. (Hapri Nelpan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here