"/>

MAMASA, – Guna mendukung kegiatan usaha tani pada sisi permodalan, Fasilitator KUR Pertanian Kabupaten Mamasa, Deny menyarankan petani mengurus Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Menurut , Deny. Sebenarnya M.O.U Kementan soal KUR pertanian semua pihak perbankan dapat menyalurkan termasuk, BRI (Bank Rakyat Indonesia) , BPD (Bank Pembangunan Daerah), BNI (Bank Negara Indonesia) juga Bank Mandiri namun mungkin masih ada pertimbangan dari internal beberapa pihak perbankan sehingga khusus Kabupaten Mamasa hanya Bank BRI yang menyalurkan.

Fasilitator KUR Pertanian juga menjelaskan, setiap Bank tentu memiliki kuota tertentu dan pertimbangan tersendiri namun yang terpenting, khusus wilayah Kabupaten Mamasa, petani yang terkendala sisi permodalan silahkan ke Bank BRI terdekat untuk melampirkan beberapa syarat permohonan KUR berupa:
-Surat Keterangan Usaha dari desa,
– Foto Copi Kartu Keluarga,
– Foto Copi KTP
– Juga Foto kegiatan usaha.

“Mengenai syarat penerima, tentunya memiliki usaha pada sektor pertanian dan untuk lebih detailnya pihak perbankan yang lebih mengetahui sebab hal tersebut adalah rananya. Bila ada kendala yang kurang jelas maka dapat menghubungi saya,”ujar Deny, di Warkop Millenial, Kota Mamasa (9/10/2020).

Ia mengungkapkan, peran fasilitator adalah memfasilitasi petani ke perbankan dalam pengurusan KUR Pertanian jika ditemukan ada kendala maka dapat dibantu. Soal berapa nominal yang akan diterima, hal tersebut tergantung analisa pihak perbankan.

Kata Deny, Keunggulan dari KUR Pertanian karena masyarakat diberi kelonggaran waktu dalam pembayaran angsuran kredit dengan pola panen yakni, per tiga bulan dan enam bulan dengan bunga 6%.

Fasilitator juga menyatakan, dalam Tahun 2020 pelayanan KUR pertanian hanya lewat BRI namun sangat diharapkan semua Bank di Mamasa dapat menyalurkan KUR Pertanian agar pelayanan KUR Pertanian di Kabupaten Mamasa lebih maksimal. Katanya, hingga sekarang dari 123 petani yang diajukan ke pihak BRI Unit Mamasa dan BRI Unit Mambi telah 30% terealisasi dan selebihnya masih berproses. Hal itu belum termasuk BRI Unit Sumarorong sebab belum ada konfirmasi.

Deny juga menyampaikan, KUR Pertanian merupakan program unggulan Kementerian Pertanian bekerjasama dengan sejumlah pihak perbankan sehingga mengenai berapa dana KUR di masing-masing Bank pada tiap daerah tentu pengaturannya di internal masing-masing sebab anggaran yang diberikan lewat APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara).

Deny berharap, pihak Pemda Mamasa membuka komunikasi kesemua perbankan di Mamasa agar melakukan penyaluran KUR Pertanian sehingga sejumlah masyarakat tani dapat terlayani dengan baik.

Menurut Deny, dalam waktu dekat, pihaknya akan mencoba berkomunikasi ke Pemda agar Tahun 2021 dapat difasilitasi sosialisasi KUR Pertanian sehingga masyarakat lebih mengetahui program tersebut.
(Hapri Nelpan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here